-->

Translate

Beberapa Faktor Dan Penyebab SD Card Tidak Terbaca Di Android

Faktor sd card eror dan cara mengatasinya

SD card adalah salah satu perangkat keras pada ponsel yang bisa dilepas atau dikeluarkan dari smartphone. Fungsinya adalah untuk menyimpan beberapa file seperti foto, video, atau musik yang bisa anda lihat di ponsel smartphone anda. Fungsi lain dari SD card adalah memindahkan aplikasi atau file dan juga menyimpan instalasi pada aplikasi atau game.

Namun pernahkah anda mengalami SD card yang di mana file-filenya tidak dapat dibaca, misalnya foto, video atau musik anda tersimpan di ponsel tetapi tidak dapat terbaca. Hal ini pasti akan sangat mengganggu, karena file-file penting anda yang anda abadikan dalam bentuk foto atau video bisa saja rusak atau hilang.

Lalu, apa penyebab SD card tidak terbaca di android? Penyebab dan faktornya banyak sekali, untuk mengantisipasi file yang tersimpan di SD card anda hilang atau tidak terbaca maka simpan back up file tersebut di perangkat lain misalnya laptop atau komputer.

Faktor Penyebab SD Card Yang Tidak Bisa Dibaca Di Android


  1. Sering melepas SD card dari ponsel
    Penyebab utama mengapa SD card rusak hingga tidak terbaca adalah karena anda sering melepas SD card dari ponsel. Semakin sering anda mencabut dan memasang SD card dari ponsel, maka akan semakin cepat pula SD card tersebut rusak atau tidak terbaca. Jika anda ingin memindahkan file dari ponsel ke PC sebaiknya gunakan kabel charger saja.
  2. Terlalu sering menyentuh kuningan SD card
    Saat anda mengeluarkan SD card dari dalam ponsel biasanya bagian kuningan yang terdapat pada SD card sering tersentuh. Terlalu sering menyentuh bagian kuning tersebut juga bisa menjadi salah satu penyebab SD card tidak terbaca di android. Kuningan tersebut sangat sensitif sehingga tidak boleh tergores atau tersentuh dengan tangan yang kotor.
  3. SD card serta tempat penyimpanannya kotor
    Perangkat keras yang sering digunakan pada ponsel atau PC harus selalu dijaga dengan baik. Karena akibatnya bisa menyebabkan perangkat tersebut rusak dan tidak bisa dipakai. Sama halnya dengan SD card pada ponsel, jika kotor atau terkena debu maka file yang tersimpan di dalamnya bisa tidak terbaca.
  4. SD card terkena virus,
    Virus bisa datang dari mana saja dan kapan saja tanpa tahu waktu, jika SD card anda tiba-tiba tidak terbaca, ada kemungkinan ponsel anda terkena virus sehingga menyebabkan SD card rusak. Maka sebaiknya anda berhati-hati saat memindahkan file dari atau ke PC, saat menginstal aplikasi, atau saat mendownload gambar atau video dari internet.
  5. Kualitas SD card yang rendah
    Ada beberapa jenis SD card dengan merk-merk tertentu, dan masing-masing merk memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri. Jika SD card anda tiba-tiba rusak mungkin saja salah satu penyebabnya adalah, kualitas SD cardnya rendah. Ada SD card dengan merk tertentu yang bagus ada juga yang kurang bagus.

Beberapa penyebab SD card tidak terbaca di android tadi adalah yang biasa terjadi pada ponsel anda. Jika tiba-tiba saja SD card anda rusak atau filenya tidak dapat dibaca mungkin anda perlu memeriksa penyebab pastinya. Perawatan SD card juga memang diperlukan untuk menghindari hal-hal seperti itu.

Lihat juga: Tips mengatasi aplikasi playstore error

Memori eksternal atau SD card ini bisa tiba-tiba rusak hanya karena sudah mengalami penyusutan atau sudah terlalu lama digunakan. Jika begitu sebaiknya anda segera menggantinya dengan yang baru dan memindahkan file di SD card lama ke yang baru.

Labels: Tips dan Trik

Thanks for reading Beberapa Faktor Dan Penyebab SD Card Tidak Terbaca Di Android. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Beberapa Faktor Dan Penyebab SD Card Tidak Terbaca Di Android"