-->

Translate

Beberapa Aplikasi Penting Saat Ada Bencana yang Wajib Dimiliki

Ini dia aplikasi penting android untuk bencana alam

hargahplg.com - Bencana alam adalah salah satu fenomena alam yang sulit diprediksi. Meskipun kadang dapat diramalkan, namun bencana alam sering datang sewaktu-waktu. Hal ini tentu membutuhkan kesiapan kita untuk mengantisipasi apabila terjadi bencana di daerah sekitar kita.

Ternyata, antisipasi ini dapat kita lakukan bersama dengan menggunakan gadget kita. Sehingga dapat dengan mudah kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Antisipasi terhadap bencana ini bisa kita lakukan dengan cara menguduh beberapa aplikasi yang akan membantu kita saat tiba-tiba terjadi bencana di sekitar lingkungan tempat tinggal kita.
Apa saja aplikasi yang bisa membantu kita saat terjadi bencana? Berikut ini beberapa daftar aplikasi penting saat ada bencana.

Aplikasi Android Penting saat ada bencana alam


Z-alert

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang akan melaporkan berbagai kejadian bencana yang terjadi di sekitar lingkungan tempat tinggal kita. Tak hanya mendeteksi terjadinya bencana, tapi aplikasi ini bahkan bisa memberikan kita informasi penting lain seperti kecelakaan lalu lintas, pemadaman listrik dan sebagainya.

Zello

Aplikasi ini tersedia untuk android sebagai salah satu aplikasi penting saat ada bencana yang wajib dimiliki. Aplikasi ini adalah bentuk walkie talkie untuk handphone android. Uniknya, aplikasi ini bahkan bisa dipakai dalam kondisi signal lemah. Untuk situasi bencana, aplikasi ini memang cocok dipakai karena dapat bekerja hanya dengan menggunakan jaringan 2g.

Jika kita mengunduh aplikasi ini bersamaan dengan orang-orang terdekat kita atau keluarga kita, maka kita tetap bisa berkomunikasi dengan mereka dalam kondisi ekstrem ketika terjadi bencana.

Info BMKG

Seperti yang kita tahu, BMKG memiliki informasi terbaru dan terlengkap mengenai kebencanaan. Dan menariknya, badan milik pemerintah ini telah memiliki aplikasi yang dapat diunduh oleh masyarakat untuk dapat mengantisipasi sedini mungkin kemungkinan bencana alam yang akan terjadi di seluruh wilayah Indonesia.

Aplikasi prakiraan cuaca

Sekarang ini banyak sekali aplikasi prakiraan cuaca yang dapat kita unduh secara Cuma-Cuma alias gratis. Aplikasi prakiraan cuaca ini dapat membantu kita mengetahui bagaimana cuaca hingga maksimal 3 hari ke depan. Seperti yang kita tahu, cuaca memang sering cepat berubah dan tiba-tiba berganti, maka aplikasi ini akan sangat membantu kita melakukan antisipasi.

Aplikasi maps dan navigasi

Meskipun aplikasi maps dan navigasi tidak dapat membantu kita mengantisipasi bencana yang akan terjadi dengan lebih dini, namun aplikasi ini memiliki manfaat dan kegunaan lainnya. Dengan aplikasi maps dan navigasi, kita dapat mengetahui rute tercepat untuk menyelamatkan diri saat terjadi bencana. Hal ini tentu penting bagi kita.

Facebook

Facebook kini memiliki fitur safety check. Fitur baru ini dapat digunakan untuk menawarkan bantuan kepada orang lain atau bahkan meminta bantuan dari orang lain saat terjadi bencana alam yang mendadak. Dengan adanya fitur ini, tentu kegunaan facebook semakin bertambah bahkan dapat membantu mengantisipasi bencana alam yang terjadi.

Setelah mengetahui berbagai macam aplikasi penting saat ada bencana alam, tidak berarti kita bisa menyepelekan bencana alam yang bisa saja terjadi secara tiba-tiba. Untuk itu, sebaiknya kita tetap mengedukasi diri agar mengerti karakteristik untuk tiap-tiap bencana alam yang mungkin terjadi di lingkungan tempat tinggal kita.

Baca juga tips: Cara mengunakan whatsapp tanpa no hp

Selain itu, pengetahuan mengenai kebencanaan juga perlu dimiliki oleh setiap orang agar dapat melakukan tindakan penyelamatan pertama tanpa harus mengandalkan kedatangan tim SAR dan bantuan lainnya. Selain bermanfaat untuk diri sendiri, pengetahuan kebencanaan akan membantu kita memberikan pertolongan kepada orang yang ada di sekitar kita.

Labels: Tips dan Trik

Thanks for reading Beberapa Aplikasi Penting Saat Ada Bencana yang Wajib Dimiliki. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Beberapa Aplikasi Penting Saat Ada Bencana yang Wajib Dimiliki"